5 Cara Tepat Menggunakan Desinfektan Semprot di Rumah

Menggunakan desinfektan untuk bersih bersih rumah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh masyarakat setelah terjadinya pandemi covid-19 beberapa waktu belakangan. Karena desinfektan dinilai dapat membantu untuk membunuh berbagai virus maupun bakteri. Namun dalam menggunakan disinfektan sanitizer spray sebaiknya anda pahami caranya yang tepat berikut agar fungsinya lebih optimal.

Cara Tepat Menggunakan Desinfektan

  1. Tidak Menyemprot pada Tubuh

Meskipun anda akan adanya virus, bakteri, atau kuman yang menempel pada tubuh setelah bepergian ke luar. Namun sebaiknya hindari menyemprotkan desinfektan ke tubuh saat pulang ke rumah sebagai upaya menghilangkan berbagai kotoran yang menempel tersebut. Sebab cara ini dinilai tidak efektif untuk membunuh virus yang telah masuk ke dalam tubuh.

Justru sebaliknya, menyemprotkan cairan desinfektan secara langsung ke kulit dan tubuh dikhawatirkan berisiko mengganggu kesehatan. Seperti menimbulkan efek iritasi sampai memicu kanker karena kandungan kimianya. Sehingga menyemprotkan secara langsung pada tubuh manusia atau makhluk hidup tidak dianjurkan.

 

  1. Pakai Pelindung Diri

Karena tidak baik apabila disemprotkan ke tubuh, maka anda sebaiknya mengenakan pelindung diri ketika hendak menggunakan desinfektan semprot. Pertama pakai masker dengan benar agar dapat mencegah partikel aerosol masuk ke saluran pernapasan. Lalu gunakan sarung tangan agar cairan tidak mengenai kulit dan memicu iritasi.

Khususnya jika anda memiliki kulit yang sensitif, maka jangan sampai melupakan penggunaan sarung tangan sebagai alat pelindung diri. Di sini anda boleh menggunakan sarungan reusable atau sarungan tangan disposable (sekali pakai). Akan tetapi, jika menggunakan sarung tangan reusable sebaiknya memang dikhususkan untuk bersih bersih saja jangan dicampur dengan penggunaan lain.

 

  1. Jangan Lupa Cuci Tangan

Meskipun sudah menggunakan sarung tangan, jangan lupa cuci tangan setelah anda menyemprotkan cairan desinfektan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya virus atau bahan kimia yang masih tertinggal dan menempel di tangan. Cara cuci tangan juga sebaiknya tidak dilakukan asal asalan. Tapi gunakan sabun dan air mengalir selama kurang lebih 20 detik.

 

  1. Tunggu Kering

Setelah menyemprotkan cairan desinfektan, apakah anda biasanya langsung mengelap perabotan perabotan di rumah ? Jika iya, sebaiknya sedikit ubah kebiasaan tersebut. Karena anda perlu menunggunya kering terlebih dahulu agar aerosol spray bekerja menyeluruh. Baru kemudian bisa mengelap kembali tiap perabotan yang ada setelah kering.

 

  1. Semprotkan di Benda yang Sering Disentuh

Dalam menggunakan desinfektan semprot, jangan lupa semprotkan cairan pada benda benda yang sering disentuh di rumah. Benda benda seperti gagang pintu, saklar lampu, meja, kursi, sofa, lemari, wastafel, helm, toilet, sampai keyboard komputer adalah prioritas utama. Baru kemudian di setiap ruangan untuk mencegah perkembangan kuman.

Cara menggunakan desinfektan ini sebaiknya dipahami supaya kerjanya menjadi lebih optimal dan aman. Selain itu anda bisa memanfaatkan desinfektan dari Olaif untuk memperoleh kinerja yang optimal. Sebab perlengkapan untuk bersih bersih di Olaif telah dirancang sedemikian rupa untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Sehingga anda bisa memperoleh kualitas terbaik.

Leave a Comment