Contoh Kata Pengantar Makalah Pai

contoh kata pengantar makalah pai

Hi, apakah Anda sedang mencari sumber info tentang contoh kata pengantar makalah pai
?

Jikalau benar, maka Anda sedang ada di situs yg sangat tepat.

Selamat datang di situs website kami, kami memberikan informasi terbaik mengenai contoh kata pengantar makalah pai
.

Berikut ini adalah salah satu gambaran tentang contoh kata pengantar makalah pai

kata blog: Contoh Kata Pengantar Makalah Pai | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: academia-photos.com

 

contoh kata pengantar makalah pai

Sumber gambar, Politik Belanda terhadap Islam dan keturunan Arab

contoh kata pengantar makalah pai
Kata Pengantar Makalah Agama Islam Tentang Akhlak – Contoh Makalah | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: dokumen.tips

Enam tahun setelah pernyataan Sumpah pemuda keturunan Arab pada 1934, pimpinan Partai Arab Indonesia (PAI) melangsungkan kongres di Cirebon pada 1940.

Lima tahun sesudah Sumpah pemuda 1928, sebanyak anak muda keturunan Arab di Hindia-Belanda bersumpah bahwa Tanah air mereka ialah Indonesia. Mengapa gagasan radikal ini dirasakan relevan guna dimaknai dalam kondisi sekarang?

Lorong-lorong di area Pekojan, Jakarta Barat, yang saya datangi pertengahan Oktober silam, masih menyisakan jejak-jejak kehadiran orang-orang Arab -nenek moyang saya.

Masjid tua Langgar Tinggi dan masjid Al-Nawier, yang masih bertahan dari gempuran zaman, ialah saksi bisu bahwa kampung di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa tersebut pernah didiami orang-orang Arab sekitar ratusan tahun.

Datang sebagai pedagang, di samping berdakwah, orang-orang Arab asal Hadramaut, Yaman, menempati wilayah tersebut sejak lebih dari dua ratus tahun silam -dan menikahi semua perempuan lokal.

Dan siang itu, saya mendatangi Pekojan untuk memahami sejauhmana penduduk Indonesia keturunan Arab memaknai penelusuran identitas oleh kakek atau buyutnya dulu.

Sumber gambar, Biografi AR Baswedan

Dimotori pemuda idealis mempunyai nama Abdurrahman (AR) Baswedan, beberapa kaum peranakan Arab di Hindia Belanda saat tersebut telah hingga pada satu titik penelusuran identitasnya, yakni bersumpah bertanah air Indonesia.

Saya beruntung dapat bertemu segelintir orang keturunan Arab yang masih tersisa di kampung tersebut -yang diduga tinggal selama 10% dari jumlah warga keseluruhan, jauh menyusut andai dibanding saat mereka kali kesatu menempati wilayah itu.

“Ahlan!” Kuucapkan salam akrab dalam bahasa Arab untuk seseorang di ujung jalan. Dia berkulit agak hitam. Rambutnya ikal, hidungnya mancung. Sambil melafalkan namanya, lelaki ini menyatakan mempunyai darah Arab. “Saya ialah generasi keempat atau kelima,” ungkapnya ramah.

Sumber gambar, politik belanda terhadap islam dan keturunan arab

contoh kata pengantar makalah pai
MAKALAH AGAMA ISLAM.docx – KATA PENGANTAR Puji syukur kami | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: coursehero.com

Salah-satu rapat PAI dalam rangka gerakan GAPI (Gabungan Politik Indonesia) Indonesia berparlemen, 1941.

Tetapi pria tersebut tadi menampik diwawancarai. Sambil menawari saya minum kopi (“gahwa,” begitu dia menyebutnya), dia kemudian mempersilakan saya untuk mendatangi seseorang. “Dia pengurus masjid itu,” tangannya menunjuk masjid Al-Nawier.

Tidak lama kemudian. “Antum (Anda) siapa?” Duduk bersila, lelaki dengan suara bariton ini mengawali pembicaraan. Saya lantas menyebut nama, asal dan fam family dari garis ayah saya. “Masya Allah,” dia lantas menimpali.

Dikky Abubakar Bashandid, begitulah dia memperkenalkan diri. Dia ialah pengurus masjid Al-Nawir. Usianya belum genap 30 tahun dan moyangnya berasal dari Hadramaut, Yaman.

“Kakeknya saya punya kakek tersebut datang dari Hadramaut,” ungkapnya mulai bercerita. Artinya, ayah serta kakeknya bermunculan dan diagungkan di Indonesia.

Di sinilah, Dikky lantas menekankan bahwa dirinya ialah bagian dari Bangsa Indonesia. “Kami tidak jarang kali ditanamkan untuk menyukai Tanah air Indonesia,” katanya.

Cinta untuk tanah air Indonesia, laksana yang dibacakan Dikky, seorang lelaki peranakan Arab tersebut tadi, tidaklah datang dengan tiba-tiba.

Sebelum Indonesia merdeka, persisnya pada 4 Oktober 1934 di Semarang, lima tahun sesudah Sumpah Pemuda 1928, sebanyak kaum muda keturunan Arab mendukung usulan tanah air Indonesia -dan bukan lagi mengaitkan dengan asal-usulnya yakni Hadramaut, Yaman.

Sumber gambar, politik belanda terhadap islam dan keturunan arab

Suasana Kongres PAI di Cirebon 1938. AR Baswedan mengoleksi para peranakan Arab dan menegakkan Persatuan Arab Indonesia (PAI) yang mendukung kebebasan Indonesia.

Dimotori pemuda idealis mempunyai nama Abdurrahman (AR) Baswedan, beberapa kaum peranakan Arab di Hindia Belanda saat tersebut telah hingga pada satu titik penelusuran identitasnya, yakni bersumpah bertanah air Indonesia.

contoh kata pengantar makalah pai
Kata Pengantar Makalah Agama Pdf – Contoh Makalah | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: googleusercontent.com

Di saat tersebut pula, AR Baswedan mengoleksi para peranakan Arab dan menegakkan Persatuan Arab Indonesia (PAI) yang mendukung kebebasan Indonesia.

Berdasarkan keterangan dari pengamat masalah keturunan Arab di Indonesia, Hasan Bahanan, apa yang dilaksanakan AR Baswedan (yang saat tersebut berusia 27 tahun) dan kawan-kawan tersebut terinspirasi Sumpah Pemuda 1928.

“Sumpah Pemuda 1928 yang mengarungi batas-batas etnik dan agama dominan pada orientasi kebernegaraan komunitas Arab Hadrami di Hindia Belanda,” kata Hasan untuk BBC Indonesia.

Dalam kitab AR Baswedan, Membangun Bangsa, merajut Keindonesiaan (2014), “Sumpah Pemuda keturunan Arab” tersebut mempunyai tiga butir pernyataan:

Pertama, Tanah air peranakan Arab ialah Indonesia; Kedua, peranakan Arab mesti meninggalkan kehidupan menyendiri (mengisolasi diri); Ketiga, Peranakan Arab mengisi kewajibannya terhadap tanah air dan bangsa Indonesia.

Pilihan AR Baswedan guna “meleburkan” diri dalam cita-cita bareng bangsa Indonesia adalah pilihan “revolusioner”, kata Hasan.

Maklumlah, saat tersebut pemerintah kolonial Belanda menanam peranakan Arab, Cina, Jepang sebagai orang asing klas dua, di atas kaum pribumi.

Sumber gambar, Arsip family AM Alkaff

Pertemuan eksponen PAI cabang Palembang dan Bandung pada tahun 1939.

“Dan, peranakan Arab saat tersebut -melalui isi sumpah pemuda 1934- “menurunkan” dirinya. Ini agak mengherankan untuk ukuran ketika itu. Nah, Baswedan tidak melihat tersebut (warga klas dua) sebagai keistimewaan. Tapi dia menuliskan dengan menjadikan dia pribumi, maka permasalahan keturunan Arab di Indonesia tersebut selesai,” papar Hasan, yang pun staf pengajar di Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Dengan kata lain, lanjutnya, “Baswedan dan gerakannya sekaligus menafikan privilege perlakuan hukum (klas Timur Asing) yang diserahkan oleh penguasa penjajah Belanda untuk etnik Arab.”

contoh kata pengantar makalah pai
10+ Contoh Kata Pengantar Untuk Makalah Agama Islam | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: i2.wp.com

Patut diketahui, status ruang belajar Timur Asing yang dinikmati keturunan Arab itu, menyebabkan mereka terpisah dari kaum pribumi.

“Mereka pun sebelumnya tidak pernah tercebur dalam gerakan kebangsaan, walaupun mereka tercebur dalam berbagai kegiatan pendidikan dan keagamaan,” kata Hasan Bahanan dalam pengantar kitab AR Baswedan, Revolusi batin sang cikal bakal (2015).

Itulah sebabnya, menurutnya, opsi kaum muda peranakan Arab idealis yang mengaku Indonesia sebagai Tanah airnya, “menempatkan mereka sebagai unsur dari komunitas pejuang kebangsaan.”

Kini, 81 tahun kemudian, saat keterpukauan atas nasionalisme kelihatannya tidak lagi membara, peristiwa tekad penyatuan masyarakat keturunan Arab dalam bingkai Indonesia, kelihatannya terlupakan.

Peringatan Sumpah pemuda keturunan Arab Indonesia akan dilangsungkan pada mula November 2015 di Surabaya.

Di sinilah, sebanyak warga peranakan Arab di Surabaya lantas memilih untuk menilik kembali apa yang dilaksanakan pemuda AR Baswedan dan kawan-kawannya.

“Tidak inginkan hilang dari daftar sejarah, pun memberikan pendidikan dan mengukuhkan rasa nasionalisme untuk generasi muda (keturunan Arab),” kata Abdullah Batati, penggagas acara peringatan Sumpah pemuda keturunan Arab, yang rencananya akan dilangsungkan Minggu, 1 November 2015 ini.

Pengamat masalah keturunan Arab Indonesia, Hasan Bahanan, menyokong acara ini sebab sangat relevan dengan permasalahan citra kearaban yang berubah dampak dinamika politik di Timur tengah.

Di sinilah, melewati acara ini, mereka mengingatkan bahwa “ideologi atau gerakan semacam tersebut bagian dari kehidupan internasional, bakal tetapi lokasi mereka (peranakan Arab Indonesia) terdapat di sini, berbeda.”

“Seharusnya mereka ingat pulang bahwa mereka ialah bagian dari Indonesia,” tandas Hasan.

Bagaimanapun, lanjutnya, bila ada sokongan warga keturunan Arab terhadap gerakan radikal di Timur Tengah, jumlahnya dapat dihitung dengan jari.

contoh kata pengantar makalah pai
MAKALAH AGAMA.docx – KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: coursehero.com

Salah-satu pintu masuk mengarah ke Masjid Ampel, Surabaya. Di area Ampel ini, sebagian penduduk keturunan Arab tinggal sekitar lebih dari 200 tahun.

“Tapi mereka (keturunan Arab) yang berkarya dengan baik, berprestasi, tersebut juga banyak,” tambahnya.

Nabiel Abdul Karim Hayaze, penulis kitab AR Baswedan, Revolusi batin sang perintis, pun sependapat bahwa peringatan sumpah keturunan Arab 1934 menjadi relevan di tengah kemunculan gerakan trans-nasional atas nama agama.

“Agar tidak termakan isu dan lebih menumbuhkan nasionalisme yang dapat menjaga dari hal-hal laksana itu,” kata Nabiel, yang bakal menjadi salah-satu penceramah dalam diskusi peringatan sumpah pemuda keturunan Arab.

Shafira Umm, presenter stasiun televisi Net, menuliskan dirinya menyokong acara peringatan Sumpah pemuda keturunan Arab 1934, sebab untuk mengingatkan seluruh orang bahwa “warga keturunan Arab di Indonesia telah mempunyai kesadaran kebangsaan semenjak 1934”.

Sumber gambar, net

Shafira Umm, presenter stasiun televisi Net, menuliskan dirinya menyokong acara peringatan Sumpah pemuda keturunan Arab 1934.

“Berarti orang zaman dulu telah sadar banget bahwa yang namanya latar belakang etnis, melulu ada di darah dan tradisi di lingkungan kecil, bukan lingkungan yang gede laksana bangsa,” kata Shafira Bawazir, 30 tahun, yang kedua orang tuanya adalah keturunan Arab, untuk BBC Indonesia.

Adapun Tsamara Amany Alatas, relawan Komunitas penyokong Ahok (Kompak), memandang acara ini menjadi penting dilangsungkan di tengah kemunculan “fanatisme golongan”.

Sumber gambar, tsamara amany alatas

Tsamara Amany Alatas, relawan Komunitas penyokong Ahok (Kompak), memandang acara ini menjadi penting dilangsungkan di tengah kemunculan “fanatisme golongan”.

contoh kata pengantar makalah pai
KATA PENGANTAR – Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: yumpu.com

Mahasiswa Fakultas Falsafah dan Peradaban, Universitas Paramadina ini mengatakan, fanatisme kelompok itu ditandai motivasi untuk mengorbankan kerinduan terhadap Tanah Air.

“Kita bukan orang Arab dari luar yang menumpang di Indonesia. Kita lain dengan pendatang. Kita bermunculan di sini, anda mempunyai identitas Indonesia,” kata wanita berusia 19 tahun ini.

Secara terpisah, mantan wartawan dan aktivis Jaringan Islam Liberal, JIL, Hamid Basyaib mengatakan, dirinya menyokong acara peringatan Sumpah pemuda keturunan Arab asal ujungnya bakal “menegaskan Keindonesiaan dan bukan eksklusifitas keturunan Arab”.

Sumber gambar, islamlib

Mantan wartawan dan aktivis Jaringan Islam Liberal, JIL, Hamid Basyaib mengatakan, dirinya menyokong acara peringatan Sumpah pemuda keturunan Arab asal ujungnya bakal “menegaskan Keindonesiaan dan bukan eksklusifitas keturunan Arab”

“Momentumnya dalam konteks itu, bukan dalam konteks mengeksklusifkan diri sebagai penduduk keturunan Arab yang bertolak belakang dari bangsa Indonesia. Di luar konteks itu, tidak terdapat gunanya sama sekali,” tandas Hamid.

Sementara, mantan aktivis mahasiswa 1998, yang sekarang tinggal dan bekerja di London, Inggris, Annas Alamudi, menginginkan acara itu dapat “menggarisbawahi bahwa kita ialah warga Indonesia laksana yang disepakati oleh semua kakek anda dulu.”

Annas pun memandang peristiwa Sumpah pemuda keturunan Arab tersebut relevan dengan situasi sekarang.

“Sekarang ini terdapat yang menyoroti soal kebiasaan Arab yang diimpor ke Indonesia. Kita sebagai keturunan Arab, seharusnya mengaku kita ialah orang Indonesia dulu, baru orang Arab,” kata Annas.

Dia pun mengharapkan acara ini dapat menciptakan orang lain mengetahui bahwa tidak seluruh peranakan Arab identik dengan gerakan fundamentalis.

Sakdiyah Ma’ruf, 33 tahun, komedian dan peraih penghargaan Vaclav Havel International for Creative Dissent 2015 di Oslo, Norwegia, memandang acara tersebut sebagai “keinginan penduduk keturunan Arab guna kembali pulang”.

contoh kata pengantar makalah pai
10+ Contoh Kata Pengantar Untuk Makalah Agama Islam | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: i2.wp.com

Sakdiyah Ma’ruf, 33 tahun, komedian dan peraih penghargaan Vaclav Havel International for Creative Dissent 2015 di Oslo, Norwegia, memandang acara tersebut sebagai “keinginan penduduk keturunan Arab guna kembali pulang”.

“Apapun sentimennya, saya kira seluruh orang butuh kembali pulang, dan semoga pulang tersebut berarti menjadi Arab yang Indonesia. Semoga demikian,” katanya.

“Semoga pula ini ialah sikap guna menjunjung tinggi keberagaman, toleransi, sekaligus ini acara mengenalkan diri ulang,” ujar Sakdiyah, wanita keturunan Arab asal Pekalongan, Jawa Tengah ini.

Hal ini dia tekankan, sebab menurutnya, ketika ini “Stereotype keturunan Arab tidak banyak bergeser. Kalau dulu eksklusif, sekarang nyaris sama dengan Stereotype orang barat terhadap Islam, sebab perilaku sejumlah tokoh di lingkungan orang Arab yang tercebur ini dan itu.”

Suara bertolak belakang ditunjukkan Agus Rahmat Sarjono, penyair, cerpenis dan esais kelahiran 1962. Pria keturunan Arab ini memandang peringatan acara tersebut “tidak butuh digelar”.

Sumber gambar, agus sarjono

Agus Rahmat Sarjono, penyair, cerpenis dan eseis kelahiran 1962, yang keturunan Arab, memandang peringatan acara tersebut “tidak butuh digelar”.

“Saya kira lebih tidak sedikit muatan politisnya daripada muatan nasionalisnya,” kata Agus.

Menurutnya, masalah identitas kearaban “sudah selesai” semenjak dilangsungkan Sumpah pemuda keturunan Arab di Semarang pada 1934.

Politik identitas yang dihidupkan lagi, lanjutnya, sama-sekali tidak menarik. “Yang lebih urgen apa yang dapat dilakukan guna Indonesia. Enggak penting anda dari mana, namun yang urgen apa yang dilaksanakan untuk Indonesia.”

contoh kata pengantar makalah pai
√ 10+ Contoh Penutup Makalah Singkat dan Bervariasi | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: theinsidemag.com

Gambar / Sumber Lain : contoh kata pengantar makalah pai

contoh kata pengantar makalah pai
DOC) Contoh Makalah Agama Tentang Ilmu Pendidikan Islam Moh | contoh kata pengantar makalah pai

Image Source: academia-photos.com

Leave a Comment