contoh kata pengantar makalah sejarah indonesia
Hi, apakah Anda lagi membutuhkan info tentang contoh kata pengantar makalah sejarah indonesia
?
Jikalau benar, maka Kamu lagi ada di situs web yg sangat tepat.
Welcome di website kami, kami memberikan info paling bagus mengenai contoh kata pengantar makalah sejarah indonesia
.
Berikut ini adalah salah satu gambaran tentang contoh kata pengantar makalah sejarah indonesia
Image Source: contohmakalah.org
contoh kata pengantar makalah sejarah indonesia
Sumber gambar, Reuters
Image Source: i0.wp.com
Di samping menambahkan aspek humanis Nabi Muhammad, Kemenag pun akan menyerahkan latar belakang mengapa jalan perang yang ditempuhnya.
Materi latihan sejarah Nabi Muhammad SAW di sekolah dasar dan menengah akan dibetulkan karena ingin menonjolkan perannya dalam pertempuran dan tidak memberi lokasi pada sifat-sifatnya yang toleran dan menyokong perdamaian.
Kementerian Agama mengatakan, upaya perbaikan ini tidak terlepas dari bertambahnya radikalisasi yang menjangkiti beberapa umat Islam di Indonesia.
Badan Penelitian Pengembangan dan Pendidikan pelatihan Kementerian Agama mengatakan, di samping menambahkan aspek humanis Nabi Muhammad, pihaknya pun akan menyerahkan latar belakang mengapa jalan perang yang ditempuhnya.

Image Source: academia-photos.com
“Kajian kita mengindikasikan bahwa sejarah Nabi Muhammad lebih menitikberatkan pada perang-perang, namun aspek luas mengenai sifat nabi yang amanah, jujur, paling adil, humanis belum tidak sedikit di literatur, lagipula literatur di sekolah,” kata Abdurrahman Masud untuk BBC Indonesia, Minggu (10/01) sore.
Kementerian agama ketika ini masih menganalisis materi latihan pelajaran sejarah Nabi Muhammad yang diinginkan selesai pada tahun ini.
Menurutnya, peristiwa sejarah berupa peran Muhammad berhubungan aspek toleransi dan dukungannya untuk perdamaian sangat urgen ditekankan pada kondisi “dunia yang berkecamuk” laksana sekarang.
“Ada doktrin (Nabi Muhammad mengenai nilai-nilai kemanusiaan) yang butuh ditekankan. Jika anak-anak tidak menyimak (secara) komprehensif, dapat salah paham,” katanya.

Image Source: staticflickr.com
Sebagian umat Islam di Indonesia melangsungkan doa bareng dalam mengenang kelahiran Nabi Muhammad.
Abdurrahman tidak memungkiri kajian ulang terhadap pelajaran sejarah Nabi Muhammad tidak terlepas dari bertambahnya radikalisasi yang menjangkiti beberapa umat Islam di Indonesia.
“Ideologi pemerintah ‘kan ideologi kerukunan. Otomatis, bagaimana kita mencegah radikalisme, terorisme,” katanya.
“Pelurusan tersebut harus, contohnya makna jihad yang disalahpahami, yang tidak jarang kali diidentikkan dengan perang. Padahal artinya luas,” tambahnya.

Image Source: academia-photos.com
Umat Islam di Indonesia mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW atau lazim dinamakan sebagai Maulud Nabi.
Ditanya mengapa selama ini materi latihan sejarah Muhammad lebih memberi porsi besar pada perannya di kancah peperangan, Abdurrahman mengatakan, urusan ini juga dirasakan materi sejarah umum.
“Ini yang mesti diubah, dengan ditekankan pada sejarah sosial, laksana karakter Nabi yang mulia laksana tertera dalam Kitab suci serta sejarah yang beberapa ditulis oleh non-Muslim,” jelasnya.
Direktur Lembaga kajian Islam dan perdamaian (LAKIP) Universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Bambang Pranowo menyokong rencana Kemenag itu supaya “gambaran mengenai Nabi Muhammad lebih utuh.”

Image Source: academia-photos.com
“Bahwa Nabi tersebut pembawa rahmat tersebut harus lebih menonjol sampai-sampai tidak justeru terkesan pembawa laknat,” katanya.
Rencana Kemenag guna memberi porsi lebih banyak pada sifat-sifat Muhammad yang toleran dan menyokong perdamaian, menurutnya, pun relevan untuk kondisi sekarang.
Majalah yang dikelola kumpulan pendukung ISIS. Empat tahun lalu, temuan survei LAKIP terhadap pelajar SMP-SMA di 100 sekolah (59 swasta, 41 negeri) menunjukkan nyaris 50% pelajar setuju dengan “cara-cara kekerasan dalam menangani isu moralitas dan keagamaan”.
Empat tahun lalu, temuan survei LAKIP terhadap pelajar SMP-SMA di 100 sekolah (59 swasta, 41 negeri) menunjukkan nyaris 50% pelajar setuju dengan “cara-cara kekerasan dalam menangani isu moralitas dan keagamaan”.

Image Source: 123doks.com
“Kalau penyebab secara spesifik, mesti dianalisis lebih dalam, tetapi dapat diduga sebab memang bahan-bahan yang mereka terima mengarah pada urusan tersebut,” papar Bambang.
“Misalnya saja dalam edukasi agama, tidak cukup sekali memberi penekanan untuk Nabi sebagai pembawa perdamaian itu, maka lantas ketika timbul literatur mengenai kehidupan Nabi ingin yang pada kekerasan, tersebut mudah sekali masuk,” jelasnya lebih lanjut.
Dia lantas memberikan contoh, kehadiran literatur-literatur seperti tersebut yang dikeluarkan oleh kumpulan radikal.
“Apalagi kondisinya memungkinkan anak didik kecewa dengan keadaan, sehingga saat ada wacana mengenai hal yang mengarah ke pada kekerasan, atau mengubah suasana dengan kekerasan, tersebut mudah sekali masuk dan gampang dicerna,” jelasnya.

Image Source: i0.wp.com
Sementara itu, seorang guru agama Islam di SMA Negeri II, Malang, Jatim, Muniron mengakui bahwa dalam sejauh ini latihan sejarah Nabi Muhammad lebih menitikberatkan pada perannya dalam sebanyak peperangan, walaupun aspek lainnya pun dibahas.
“Sepertinya begitu, namun ya ialah aspek individu kanjeng Nabi,” kata Muniron ketika dihubungi BBC Indonesia melewati sambungan telepon, Minggu (10/01) petang.
Dia sendiri mendukung tahapan Kemenag guna menambahkan sejarah Muhammad berhubungan aspek toleransi atau perdamaian.
Sebuah kegiatan di dalam ruang sekolah. Seorang guru SMA di Malang menyatakan pelajaran sejarah Nabi Muhammad lebih didominasi aspek perang.

Image Source: academia-photos.com
“Kita tidak dapat menampik adanya pertempuran dalam sejarah Islam, hanya harus dapat kita kemas lagi agar tidak begitu terlampau nampak kasarnya,” katanya.
Hal tersebut dia tekankan sebab setiap peperangan tersebut tidak terlepas dari dalil kemunculannya. “Misalnya untuk mengawal diri,” kata Muniron.
Lebih lanjut dia mengatakan, penekanan pada aspek humanis Nabi Muhammad tersebut menjadi urgen ditekankan dalam kondisi sekarang.
“Kalau pertempuran kita ‘kan hanya pasif melihatnya, tapi bila kita tampilkan individu kanjeng yang memuliakan orang atau kumpulan lain, tersebut bagus ditambahkan dalam pelajaran sejarah,” katanya.
Image Source: wordpress.com

Image Source: lalacomputer.com
Gambar / Sumber Lainnya : contoh kata pengantar makalah sejarah indonesia

Image Source: academia-photos.com

Image Source: i2.wp.com

Image Source: syahrulanam.com